PT Jasa Marga masih berusaha melakukan koreksi kepada
jembatan Cisomang di jalan Tol Purbaleunyi. Kendaraan berat/besar klasifikasi
dua sampai lima masih dilarang melintas.
Regu Jasa Marga melakukan koreksi selama 24 jam dengan
koordinasi dari pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Ditjen Bina Marga
PUPera, serta Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJT). Pembenaran
diinginkan akan selesai pada tiga bulan ke depan.
AVP Coorporate Communication PT Jasa Marga, Dwiman Heru
membeberkan pihaknya kini ini sedang melakukan profesi grouting di pilar A1,
P0, P1, P2, dan P5. Selain itu kini sedang disiapkan profesi wrapping disertai
pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) di pilar P1 dan P2.
"Kita juga lakukan profesi strutting baja dalam sistem
kerja cutting dan pengelasan material H-Beam dan penggalian tanah di sekitar
pilecap P2 dan P3," ujar Heru dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis
(12/1/2016).
Selain dari profesi hal yang demikian, pihaknya juga masih
melakukan profesi unloading atau cutting di lereng sekitar abutment A1 dan
pilar P1.
"Juga saat ini sedang dipersiapkan profesi ground pada
P0 dan persiapan platform kerja untuk profesi belt boredpile," terang Heru
kembali.
Selain melakukan koreksi kepada struktur jembatan, pihaknya
mempertimbangkan bahwa mereka masih melakukan monitoring kepada posisi pilar
memakai sistem pengevaluasian vertikal dan arah X, Y, Z atau dapat disebut 3D
Model.
Untuk melakukan sistem pengevaluasian vertikal pihaknya
memakai alat ukur otomatis bernama Robotic Total Station yang beroperasi selama
24 Jam.
Sederhananya, Robotic Total Station adalah Total Station
yang memungkinkan operasi jarak jauh. Ini berarti kita cuma perlu satu operator
dan dapat melakukan perhitungan dan inspeksi yang jauh lebih banyak dalam waktu
yang lebih singkat diperbandingkan dengan Total Station biasa.
Sementara definisi Total Station sendiri adalah suatu alat
yang berfungsi untuk melakukan pemetaan secara modern dan perencanaan
konstruksi bangunan. Total Station beroperasi dengan sistem menilai jarak dan
sudut (vertical dan horizontal) secara otomatis.
Total Station adalah teodolit yang terintegrasi dengan EDM
(Electronic Distance Meter) untuk membaca jarak dan kemiringan dari alat ke
titik tertentu. Total Station memiliki chip daya ingat yang berfungsi untuk
menyimpan data pengevaluasian sudut dan jarak kemudian dikerjakan komputasi
lebih lanjut.
Heru mempertimbangkan, menurut hasil monitoring sampai
keadaan terbaru jembatan Cisomang masih dalam keadaan aman untuk dilewati
kendaraan kecil atau klasifikasi non bus.
sumber: testingindonesia.com
0 komentar: